Menpar Arief Dorong Aceh Perkuat Halal Tourism

Menpar Arief Dorong Aceh Perkuat Halal Tourism
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto; dokumen JPNN.Com

jpnn.com - BANDA ACEH – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memompa semangat para “chief executive officer” atau CEO pengampu kebijakan di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kebudayaan dan Pariwisata di Banda Aceh, Senin (19/9). Gubernur NAD Zaini Abdullah dan puluhan bupati/wali kota di Bumi Serambi Mekkah itu pun serius mengikuti presentasi Menpar Arief selama 65 menit

“Sudah betul jika Aceh menempat halal tourism sebagai core economy daerah!” ujar Arief.

Pertama, sejak 2014 terjadi ledakan pasar wisata halal di dunia. Size pasar wisata halal itu sangat signifikan, dari 6,8 miliar penduduk dunia, 1,6 miliar adalah muslim dan 60 persennya berusia di bawah 30 tahun. Bandingkan dengan total penduduk Tiongkok yang mencapai 1,3 miliar orang dengan 43 persennya di bawah 30 tahun.

“Total pengeluaran wisatawan muslim dunia USD 142 miliar, hampir sama dengan pengeluaran wisatawan Tiongkok USD 160M yang sekarang ini menjadi rebutan seluruh negara di dunia, terutama yang mengembangkan pariwisata,” jelas Arief.

Kedua, lanjut mantan direktur utama PT Telkom itu, wisata halal dari sisi sustainability atau growth juga naik signifikan. Angka kenaikannya 6,3 persen, atau lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan dunia 4,4 persen, bahkan lebih besar dari  ASEAN 5,5 persen.

Data dari Comcec Report February 2016, Crescentrating, tahun 2014 menunjukkan adanya 116 juta pergerakan halal traveler. Mereka memproyeksikan pada 2020 angkanya menjadi 180 juta pelancong atau naik 9,08 persen.

Di Indonesia juga mengalami kenaikan. Dalam tiga tahun terakhir rata-rata kenaikannya 15,5 persen. “Semakin kuat, size-nya besar, sustainability-nya juga besar,” ungkap Arief Yahya

Ketiga, lanjut dia, spread atau benefit-nya juga besar. Rata-rata wisatawan mancanegara (wisman) dari Arab Saudi membelanjakan USD 1.750 per kunjungan. Sedangkan wisman Uni Arab Emirate (UAE) menghabiskan USD 1.500 per kepala.

BANDA ACEH – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memompa semangat para “chief executive officer” atau CEO pengampu kebijakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News