Kereta Api Trans Kalimantan Tunggu 2 Dekade Lagi

Kereta Api Trans Kalimantan Tunggu 2 Dekade Lagi
Kereta Api Trans Kalimantan Tunggu 2 Dekade Lagi
JAKARTA - Wacana pembangunan jalur transportasi kereta api yang menghubungkan wilayah-wilayah di Pulau Kalimantan dengan Kereta Api sepertinya masih jauh dari realisasi. Sebab, pemerintah masih mengkaji proyek itu hingga 20 tahun ke depan.

"Tadinya, paling tidak masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah, namun masih akan terealisasi tahun 2030. Tetapi studi kelayakannya diharapkan jangan terlalu lama," kata Usman Ja'far, anggota DPR RI, usai rapat dengar pendapat di Komisi IV, Selasa (9/2).

Dia mengharapkan wacana transportasi darat tersebut dapat menjadi pemersatu wilayah di Kalimantan yang saat ini hanya mengandalkan jalur jalan perkebunan. "Sambil terus dimatangkan, bersama dengan jalan transKalimantan. Bahkan, bisa juga melibatkan negara tetangga untuk kemungkinan ini," tambahnya.

Diharapkannya pula,  setelah pematangan jalur KA di Sumatera, Kalimantan sebagai pulau besar selayaknya dapat menyusul dalam rangka pemerataan pembangunan.

JAKARTA - Wacana pembangunan jalur transportasi kereta api yang menghubungkan wilayah-wilayah di Pulau Kalimantan dengan Kereta Api sepertinya masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News