5 Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif

5 Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif
Ilustrasi kulit sensitif. Foto: klikdokter

jpnn.com - Apakah Anda memiliki kulit yang sensitif? Awas, jangan diperlakukan sembarangan jika tak ingin mengalami berbagai gangguan kesehatan. Pasalnya, kulit sensitif termasuk yang membutuhkan perawatan khusus.

Sebab, jenis kulit yang satu ini sangat mudah terpengaruh oleh berbagai hal yang ada di sekitarnya, seperti sinar ultraviolet, suhu udara, bahkan produk kecantikan yang Anda gunakan.

Lantas, harus bagaimana supaya kulit sensitif senantiasa sehat dan terawat? Tenang, Anda tak perlu panik. Berikut adalah cara tepat merawat kulit sensitif yang bisa Anda jadikan sebagai panduan:

1. Wajib gunakan pelembap

Kekeringan pada kulit yang sensitif dapat menyebabkan berbagai keluhan, seperti perih, gatal, mengelupas, kemerahan, bahkan kekusaman. Selain itu, kekeringan juga akan membuat kulit Anda semakin sensitif.

Nah, sebagai upaya mencegah itu semua, penggunaan pelembap di pagi dan malam hari adalah hal wajib yang perlu dilakukan oleh pemilik kulit sensitif. Dengan menggunakan pelembap, kulit yang sensitif akan senantiasa terhidrasi.

Adapun jenis pelembap yang dapat digunakan, yaitu yang memiliki label berbahan minyak zaitun, minyak jojoba, urea, asam hialuronat, dimetikon, gliserin, lanolin, atau petrolatum. Hindari pelembap yang mengandung zat pewarna, pewangi, ataupun pengawet. Zat kimia tersebut dapat memicu iritasi pada kulit sensitif.

2. Oleskan tabir surya alias sunblock secara berkala

Awas, jangan diperlakukan sembarangan jika tak ingin mengalami berbagai gangguan kesehatan. Karena kulit sensitif termasuk yang membutuhkan perawatan khusus.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News