Salah Memilih Masker Bisa Bikin Muka Jerawatan, Simak Penjelasan Bu Dokter Ini

Salah Memilih Masker Bisa Bikin Muka Jerawatan, Simak Penjelasan Bu Dokter Ini
Warga yang mewaspadai virus corona menggunakan masker wajah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Masker menjadi hal yang wajib di masa pandemi Covid-19 saat ini. Namun, harus diketahui pemakaian yang tepat agar tidak timbul efek merugikan, khususnya bagi yang memiliki kulit sensitif.

"Penggunaan masker yang tidak tepat kerap memicu timbulnya masalah pada kulit," kata dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari RS Siloam Sriwijaya, dr. Inda Astri Aryani, Sp.KK, dalam webinar kesehatan, Kamis (6/5).

Berbagai efek misalnya iritasi, ruam kemerahan bahkan menimbulkan jerawat di kulit wajah, khususnya di area penggunaan masker. Lantas timbulnya jerawat akibat adanya peradangan kelenjar minyak di wajah yang disebabkan bakteri. 

"Biasanya pada orang yang kulitnya rentan atau sensitif, terutama bagian wajah," ujarnya.

Selain tersumbatnya kelenjar minyak yang seharusnya keluar melalui pori kulit, penggunaan masker mengakibatkan adanya gesekan yang berulang pada wajah di area batas masker. 

"Hal ini bisa terjadi saat hembusan napas yang tertahan dan tidak langsung keluar pada area masker," imbuhnya.

Sebagian besar pasien biasanya mengeluhkan bagian wajah akibat penggunaan masker. Untuk itu, kata dokter Inda, perlu diperhatikan dalam pemakaian masker yang tepat.

Cara yang bisa dilakukan dengan memilih masker dengan bahan yang pas dan nyaman serta terbuat dari bahan yang tidak membuat sulit untuk bernapas. Kemudian mengganti masker setiap empat jam sekali, karena hingga saat ini belum ada masker yang direkomendasikan oleh penelitian dermatologis.

menggunakan masker yang tidak tepat ternyata bisa menimbulkan jerawat dan kulit iritasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News