Rabu, 23 Agustus 2017 – 15:04 WIB

Asyik, Tol Kuala Namu-Tebing Tinggi Beroperasi Hari Ini

Senin, 19 Juni 2017 – 16:51 WIB
Asyik, Tol Kuala Namu-Tebing Tinggi Beroperasi Hari Ini - JPNN.COM

jpnn.com, MEDAN - Presiden Joko Widodo akhirnya membuktikan janjinya menuntaskan akses menuju destinasi kelas dunia di Danau Toba, Parapat, Simalungun, Sumut.

Dalam hitungan hari, setelah aktivasi Bandara Silangit dan jalur kereta dari Medan ke Pematang Siantar, ada jalan tol Medan-Kuala Namu (KNO)-Tebing Tinggi yang siap menyapa.

Jalan tol ini bakal dibuka dan beroperasi, sebelum libur Lebaran, persisnya hari ini, 19 Juni 2017.

“Selain jalur udara, yang dibangun Bandara Silangit dan Sibisa, jalur darat juga dikebut pemerintah. Tanggal 19 Juni 2017, jalan tol Medan-Kuala Namu (KNO)-Tebing Tinggi sudah siap beroperasi,” terang Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar Hiramsyah S Thaib, yang didampingi Kepala Badan Pelaksana Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba Arie Prasetyo, Sabtu (17/6).

Kualitas jalannya pun dibangun dengan standar dunia. Tidak asal-asalan. Lebar jalur dari Tebingtinggi ke Siantar diperlebar. Siantar ke Parapat juga diperlebar. Parapat ke Sibolga juga diperlebar. Endingnya, wisawatan mancanegara yang ingin ke Danau Toba via Kuala Namu tidak lagi menghabiskan waktu lama. Cukup dua jam, wisatawan sudah bisa tiba ke Danau Toba dari Kuala Namu.

“Danau Toba itu lebih besar, lebih jernih airnya, lebih dalam, lebih berpotensi, dari Danau West Lake di Hangzhou. Sudah kelas dunia. Jadi kami sangat serius menggarapnya,” tambah Hiramsyah S Thaib.

Faktanya, banyak keistimewaan Danau Toba yang layak dijadikan tujuan wisata kelas dunia. Dari mulai tampilan rumah adat, seni budaya, makam raja-raja Batak, semuanya ada di sana. pengunjung dapat menemukan wisata alam, budaya, sejarah, kuliner, hingga spiritual sekaligus.

Selain itu, Danau Toba adalah danau nomor dua terbesar setelah Victoria Lake di Afrika. Dan saat ini, destinasi yang sedang dipersiapkan menjadi ’10 Bali Baru’ itu sedang disiapkan menjadi Geopark level dunia. “Karenanya Badan Otorita akan terus bekerja mewujudkan Danau Toba sebagai The World Class Tourism Destination,” timpal Arie Prasetyo.

SHARES
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini