Banyak Hal Tak Penting Bikin Betah di Tempat Fitness

Banyak Hal Tak Penting Bikin Betah di Tempat Fitness
Foto: Daily Telegraph

jpnn.com - BEBERAPA orang biasa menghabiskan waktu berjam-jam berada di tempat fitness. Apakah selama itu pula mereka berolahraga? Belum tentu. Terkadang, beberapa orang menghambur-hamburkan waktunya di tempat fitness untuk hal-hal tidak penting.

Mengacu pada sebuah penelitian yang dilakukan Harpers Fitness, seorang pecandu gym  rata-rata menghabiskan waktu 1 jam berada di tempat fitness. Dari waktu tersebut, hanya 21 menit atau sekitar 30 persennya habis untuk urusan tidak penting seperti membetulkan kabel earphone yang kusut.

Hal-hal tidak penting lainnya yang menghambur-hamburkan waktu berolahraga adalah terus-menerus mengisi botol air minum. Rasa haus sebenarnya adalah hal yang wajar saat seseorang berkeringat. Kadang, olahraga juga belum dilakukan tapi sudah minum berkali-kali.

Ngobrol basa-basi dengan sesama pengunjung tempat fitness maupun para instruktur juga termasuk hal-hal tidak penting yang membuat orang bisa menghabiskan waktu berjam-jam di tempat fitness. Begitu juga memainkan ponsel, mengutak-atik iPod atau pemutar musik digital lainnya.

Bila dirinci, 55 persen pengujung tempat fitness menghamburkan waktunya dengan mengutak-atik playlist lagu di pemutar musik digitalnya. Sekitar 30 persen sibuk mengurai kabel earphone yang kusut, sedangkan 32 persen lainnya keasyikan ngobrol dengan sesama pengunjung.

Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan olahraga itu juga menunjukkan, rata-rata hanya 30 persen dari total waktu kunjungan di tempat fitness yang benar-benar dimanfaatkan untuk olahraga. Dari 1 jam misalnya, persisnya hanya terpakai 39 menit untuk berolahraga.

"Waktu Anda di gym tidak seharusnya habis untuk mengurusi kabel earphone, memilih lagu dan memainkan ponsel. Penelitian ini diharapkan membuat orang menyadari waktu yang dihabiskannya di gym untuk olahraga dan untuk hal-hal selain olahraga," kata peneliti, Kevin Yates seperti dilansir laman Daily, Minggu (15/9).

Guna menghindari waktu yang terbuang percuma di tempat fitness, Kevin merekomendasikan kepada penggemar gym untuk sudah menyiapkan playlist di pemutar musik digital masing-masing sejak berangkat dari rumah. Begitu pula dengan ponsel, ada baiknya dimatikan lalu ditinggal di locker.(fny/jpnn)

BEBERAPA orang biasa menghabiskan waktu berjam-jam berada di tempat fitness. Apakah selama itu pula mereka berolahraga? Belum tentu. Terkadang, beberapa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News