Cegah Dehidrasi untuk Kelancaran Ibadah

Cegah Dehidrasi untuk Kelancaran Ibadah
Cegah Dehidrasi untuk Kelancaran Ibadah

jpnn.com - MINGGU-minggu ini secara bertahap sebagian saudara kita sesama bangsa Indonesia akan melaksanakan ibadah Haji. Ada sekitar 170.000 an saudara kita dari Indonesia akan melaksanakan ibadah haji.

----------
oleh: Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB,FINASIM,FACP (mantan Tenaga Kesehatan Haji Daerah dan Tenaga Kesehatan Haji Khusus-ONH plus)
----------
Saat ini cuaca di Mekah maupun Madinah cukup panas siang hari lebih dari  400 C. Yang perlu diantisipasi atas suhu udara yang tinggi ini adalah terjadinya dehidrasi.

Oleh karena itu yang utama adalah tetap mempertahankan minum 3-4 liter makin sering terpapar udara panas jumlah cairan yang diminum juga harus ditingkatkan.

Kloter-kloter  rombongan haji yang pertama sebagian berangkat langsung ke Medinah sebagian ke Jeddah  dan selanjutnya akan  menuju Madinah terlebih dahulu untuk ziarah ke Masjid Nabawi. Selama di Madinah jamaah haji akan melaksanakan  Sholat Arbain (Sholat berjamaah 40 waktu)  di Mesjid Nabawi.

Umumnya para jamaah berusaha untuk dapat melaksanakan Sholat Arbain ini dengan lengkap. Yang harus diperhatikan udara panas dan aktivitas di udara terbuka yang sebaiknya dihindari.

Selain faktor cuaca keadaan lain yang dapat memperburuk kesehatan para jamaah adalah kelelahan akibat perjalanan yang lama dan melelahkan. Selain itu   proses naik dan turun kendaraaan dari bandara menuju penginapan juga akan menyebabkan kelelahan tersebut makin menjadi. Belum lagi proses pembagian kamar yang kadang kala berlarut-larut yang pada akhirnya keadaan ini akan membuat kelelahan para jamaah semakin menjadi.

Oleh karena itu hal yang perlu dicermati oleh para jamaah dan para pimpinan kelompok adalah  agar bagi para jamaah tersedia waktu  istirahat yang cukup setelah sampai di penginapan.  Rasa bersyukur dan ingin segera melihat Masjid Nabawi serta ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW kadang kala mengalahkan rasa lelah yang ada selama perjalanan dan sampai dipenginapan. Walau bagaimana pun secara keseluruhan tubuh kita juga perlu istirahat walau kadang kala semangat yang ada dapat mengalahkan kelelahan tersebut.

Minum yang cukup untuk mencegah para jamaah jatuh kedalam dehidrasi atau  kekurangan cairan yang akan memperburuk kesehatan akibat udara panas tersebut. Selama di Mesjid diusahakan untuk tetap minum, tempat-tempat penampungan minum yang berisi air zam-zam  selalu tersedia didalam dan diseputar Masjid Nabawi.

MINGGU-minggu ini secara bertahap sebagian saudara kita sesama bangsa Indonesia akan melaksanakan ibadah Haji. Ada sekitar 170.000 an saudara kita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News