Benarkah Mandi Setelah Makan Bisa Membahayakan Kesehatan?

Benarkah Mandi Setelah Makan Bisa Membahayakan Kesehatan?
Mandi. Foto IST

jpnn.com - Mandi merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan umtuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, kebanyakan orang menganggap mandi setelah makan menyimpan dampak yang berbahaya bagi tubuh. Benarkah?

Sebelum menjawab hal tersebut, klikdokter.com mencoba memberi pemahaman yang harus diluruskan terlebih dahulu, yaitu mandi dan makan adalah dua aktivitas yang berbeda.

Mandi adalah sebuah aktivitas yang berkaitan dengan bagian luar tubuh. Sedangkan makan merupakan aktivitas yang berkaitan dengan organ-organ dalam tubuh.

Jadi, anggapan bahwa mandi setelah makan bisa mengancam kesehatan adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan.

Meski begitu, terdapat beberapa bahaya lain yang mengancam kesehatan bila melakukan aktivitas berat usai makan, salah satunya adalah perut kram.

Perut kram terjadi karena sebagian aliran darah terfokus ke organ-organ pencernaan. Sedangkan aktivitas-aktivitas berat yang dilakukan, membuat otot-otot juga membutuhkan peningkatan aliran darah. Kompetisi antara kedua sistem tubuh inilah yang bisa membuat kram.

Berikut tiga aktivitas yang harus Anda hindari setelah makan, yaitu:

1. Langsung tidur.

Tak sedikit orang yang menganggap mandi setelah makan bisa berdampak kepada kesehatan. Yuk cari tahu lebih pastinya di sini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News