Birokrasi Dipersingkat, Penyaluran BOS Makin Lambat

Birokrasi Dipersingkat, Penyaluran BOS Makin Lambat
Birokrasi Dipersingkat, Penyaluran BOS Makin Lambat
JAKARTA—Proses penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan III periode Juli - September 2011 justru makin lambat dibandingkan triwulan I dan II. Hal tersebut dikeluhkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemdiknas, Suyanto ketika ditemui di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (14/9).

“Saya kira ini aneh dan memang cukup parah. Ketika saya cek ke daerah,  nampaknya mereka memang tidak memiliki komitmen atau  tidak bisa memegang janjinya untuk menyalurkan dana BOS ke sekolah-sekolah tepat waktu,” terangnya

Menurutnya, jika Triwulan I dan II sudah selesai penyalurannya, mengapa triwulan III tidak kunjung selesai. Padahal, saat ini sudah memasuki minggu akhir bulan September. “Sampai saat ini baru sekitar 200-an kabupaten/kota yang sudah menyalurkan dari 497 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Ini kan keterlaluan sekali karena sudah akhir periode. Benar-benar  merupakan hal-hal yang luar biasa hambatannya,” tegasnya.

Karenanya, mantan Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen)  ini mengungkapkan jika pihaknya saat ini tengah berupaya untuk terus mencari tahu penyebab pemkab/pemko tidak segera menyalurkan BOS. Salah satunya dengan cara menyebar angket yang bertujuan untuk mengetahui skema penyaluran seperti apa yang diinginkan oleh daerah.

JAKARTA—Proses penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan III periode Juli - September 2011 justru makin lambat dibandingkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News