Cuaca Ekstrem Ancam 16 Ribu KK

Cuaca Ekstrem Ancam 16 Ribu KK
Cuaca Ekstrem Ancam 16 Ribu KK
PAINAN-- 96 ribu jiwa warga Pessel atau sekitar 16 ribu kepala keluarga/KK yang tinggal di sepanjang pesisir pantai, terancam abrasi. Ini disebabkan cuaca ekstrem yang mengakibatkan air pasang, khususnya di Pantai Pasir Putih Kambang, Kecamatan Lengayang. 96 ribu jiwa yang tinggal di zona merah ini, tersebar di 10 kecamatan.

Yakni Koto XI Tarusan, Bayang, IV Jurai, Batang Kapas, Lengayang, Sutera, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti, Pancung Soal dan Luang Silaut.

Penanganan pantai Pasir Putih Kambang menjadi skala prioritas untuk dilakukan perbaikan dan pembangunan pengamanan pantai.  Lokasi tersebut selalu menjadi sasaran bencana, baik dari laut maupun dari darat yakni gelombang pasang dan banjir, bahkan daerah itu tidak luput dari ancaman tsunami.

Seperti diketahui, air bah pada banjir bandang yang terjadi 3 November 2011 telah menyeret tiga warga setempat. Satu orang di antaranya, tidak ditemukan jasadnya hingga kini. Dua lagi ditemukan meninggal dunia beberapa hari setelah banjir surut. Saat itu, kerugian materil akibat bencana tersebut mencapai Rp280 miliar akibat hancurnya perumahan penduduk dan infrastruktur lainya.

Beberapa hari setelah dihantam banjir bandang 3 November 2011, Pasir Putih Kambang Lengayang kembali dilanda bencana yakni gelombang pasang dan abrasi pantai. Puluhan rumah masyarakat sekitar pantai kembali hancur, rusak berat dan terancam ambruk. 

PAINAN-- 96 ribu jiwa warga Pessel atau sekitar 16 ribu kepala keluarga/KK yang tinggal di sepanjang pesisir pantai, terancam abrasi. Ini disebabkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News