Desainer Berharap Istana Pertahankan Tradisi Baju Adat di Acara HUT RI

Desainer Berharap Istana Pertahankan Tradisi Baju Adat di Acara HUT RI
Empat Presiden RI foto bersama saat Peringatan HUT Kemerdekaan Ke-72 RI di Istana Merdeka yakni Presiden ke-3 BJ Habibie (kiri), Presiden Jokowi, Presiden ke-5 Megawati, dan Presiden Ke-6 RI SBY (kedua kanan). Foto: Istimewa

jpnn.com - Desainer Aksesori Rinaldy A Yunardi memuji langkah Presiden Joko Widodo soal penggunaan busana adat di acara perayaan HUT RI ke-72.

Hal itu menunjukkan kekayaan budaya dan nilai-nilai yang terkandung di dalam balutan busana daerah.

“Saya salut menghargai dan hormat. Karena Indonesia itu full of culture dan unique. Bukan hanya busana dan aksesorinya, tetapi semua makna yang terkandung dalam busana tersebut,” kata Rinaldy kepada JawaPos.com, Kamis (17/8).

Seperti diberitakan, para pejabat dan tamu undangan perayaan HUT RI di Istana Negara hari ini menggenakan baju adat. Tradisi ini baru ada di era pemerintahan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi hari ini menggunakan pakaian daerah khas Kalimantan Selatan. Kemarin, Jokowi juga menggunakan pakaian daerah khas Bugis saat membacakan pidato kenegaraan di gedung DPR.

“Sehingga masing-masing menggunakan pakaian daerah dari 34 provinsi. Itu kaya sekali dan salut. Bahwa momen ini harus ditampilkan terus,” tegas Rinaldy.

Dengan adanya momentum tersebut, para pejabat menunjukkan penggunaan pakaian daerah tak melulu harus kebaya atau batik saja.

Para pejabat bahkan menggunakan pakaian daerah dari daerah lain, tak harus berasal dari daerah masing-masing.

Desainer Aksesori Rinaldy A Yunardi memuji langkah Presiden Joko Widodo soal penggunaan busana adat di acara perayaan HUT RI ke-72.

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News