Dukung Pengembangan Pariwisata, Kemenhub Keluarkan 4 Kebiijakan ini

Dukung Pengembangan Pariwisata, Kemenhub Keluarkan 4 Kebiijakan ini
Kemenhub. Foto: JPNN

jpnn.com - Kementerian Perhubungan akan terus melakukan perbaikan dengan mengarahkan kebijakan pengembangan aksesibilitas, yang mengutamakan kemudahan akses, kenyamanan dan keamanan.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kemudahan akses dapat tercapai dengan indikator berupa ketersediaan moda transportasi, kecukupan kapasitas dan keragaman moda transportasi yang tersedia.

"Sedangkan kenyamanan dan keamanan transportasi mempunyai indikator berupa tingkat kepuasan konsumen dan keselamatan perjalanan pengguna jasa transportasi," ujar Budi.

Secara umum, sambung Budi ada empat kebijakan Kementerian Perhubungan dalam mendukung pengembangan pariwisata.

Pertama yakni mempercepat realisasi peningkatan infrastruktur pelabuhan dan bandara di daerah tujuan wisata termasuk menyederhanakan perijinan kunjungan kapal pesiar dan Yatch.

Kedua, mendorong perusahaan pelayaran dan perusahaan penerbangan nasional menyediakan pelayanan dari dan ke destinasi pariwisata.

"Ketiga meningkatkan kerja sama penerbangan secara bilateral dengan negara sumber pasar wisatawan, melalui bandara yang telah dibuka untuk ASEAN Open Sky," kata dia.

Keempat meningkatkan peran swasta dalam penyediaan angkutan wisata yang memenuhi standar keselamatan, keamanan dan kenyamanan.

Kementerian Perhubungan akan terus melakukan perbaikan dengan mengarahkan kebijakan pengembangan aksesibilitas, yang mengutamakan kemudahan akses,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News