Enam Efek Kurang Tidur Bagi Tubuh

Enam Efek Kurang Tidur Bagi Tubuh
Seorang tertidur karena kelelahan. ILUSTRASI. Foto: Laman Cheat Sheet

jpnn.com - Tidur memiliki peran penting, karena pada saat tidur tubuh akan merawat kesehatan fisik dan mental.

Fungsi ini penting agar kita mendapat kesegaran saat bangun, sehingga selanjutnya siap menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, tidur juga ikut menunjang pertumbuhan, terutama pada anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dikeluarkan.

Kebutuhan tidur tiap orang tidak sama, namun bagi kebanyakan orang, delapan jam waktu tidur berkualitas adalah kisaran yang dibutuhkan agar fungsi penting di atas bisa berjalan optimal.

Yang terbaik adalah mengetahui seberapa banyak tubuh membutuhkan tidur dan sebisa mungkin mencukupinya. Bagi anak-anak dan remaja, kebutuhan tidur mereka sekitar setengah jam hingga satu jam di atas kisaran normal.

Kebutuhan tidur yang tidak tercukupi bisa menyebabkan Anda terlihat lelah saat bangun tidur atau menguap sepanjang hari.

Beberapa hal berikut juga bisa terjadi jika Anda mengalami kurang tidur, seperti dilansir laman Healthline, Senin (7/8).

1. Sistem syaraf pusat.

Sistem saraf pusat Anda adalah jalan raya informasi tubuh. Tidur diperlukan agar tetap berfungsi dengan baik, namun insomnia kronis bisa mengganggu bagaimana tubuh Anda biasanya mengirimkan informasi.

Tidur memiliki peran penting, karena pada saat tidur tubuh akan merawat kesehatan fisik dan mental.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News