Gombengsari Farm Festival Dongkrak Potensi Banyuwangi

Gombengsari Farm Festival Dongkrak Potensi Banyuwangi
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto: Kemenpar for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Tidak salah predikat Raja Festival disematkan ke Kabupaten Banyuwangi. Mendesain festival seperti apa pun selalu meriah dan menjadi bahan perbincangan netizen.

Belum genap seminggu menggelar event Ijen Green Run 2017, Banyuwangi sukses  menggelar festival yang mengangkat potensi lokalnya dengan tajuk Gombengsari Farm Festival (GFF) yang berlangsung pada Rabu (26/7) lalu.

Sukses itu diapresiasi Menpar Arief Yahya, bahwa Banyuwangi konsisten dan janji waktunya tidak meleset.

"Ini yang akan membuat kepercayaan publik, pelaku bisnis, dan investor di Banyuwangi terus meningkat," kata Arief Yahya.

Suasana Desa Gombengsari di Kecamatan Kalipuro begitu meriah saat festival berlangsung. Meski berlangsung siang hari dan dihadiri ribuan orang, tetap terasa sejuknya.

Maklum saja, desa ini berada di kaki Gunung Ijen. Gombengsari memiliki potensi yang luar biasa, ditambah dengan hawanya yang sejuk, sangat pas untuk dijadikan destinasi wisata unggulan daerah. Desa ini, cocok dikembangkan ekowisata.

“Gomebengsari memiliki beragam potensi desa, yang dipamerkan ke khalayak luas yang terbagi dalam berbagai zona. Ada zona kopi, zona kambing, dan zona produk olahan hewan ternak, Even GFF ini salah satu upaya pemda untuk mempromosikan potensi Gombengsari yang memang potensinya beragam, Desa ini juga potensial dikembangkan sport tourism. Tidak perlu kita ubah, alamnya tetap kita jaga seperti ini,” kata Anas saat membuka festival GFF di Sumbermanis, Desa Gombengsari, Kecamatan Kalipuro Rabu, (26/7).

Dalam festival itu, pengunjung bisa melihat proses pengolahan biji kopi. Mulai pengupasan kopi, pengeringan, penyangraian hingga penggilingan.

Tidak salah predikat Raja Festival disematkan ke Kabupaten Banyuwangi. Mendesain festival seperti apa pun selalu meriah dan menjadi bahan perbincangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News