Guru Harus Mampu Dorong Siswa Memiliki 4C

Guru Harus Mampu Dorong Siswa Memiliki 4C
Bu Guru dan siswa. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MATARAM - Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, salah satu kunci kesuksesan pendidikan penguatan karakter (PPK) adalah guru.

Itu sebabnya beban kerja guru harus diatur sedemikian rupa sehingga selain bisa memenuhi kewajiban sertifikasi juga menjadi pihak yang harus bisa membangun sinergi tripusat pendidikan.

"Tripusat itu adalah sekolah, masyarakat dan keluarga. Guru harus mampu menjadikannya beririsan satu sama lain sehingga siswa terbentuk karakternya tidak hanya dari jam tatap muka di kelas saja, tetapi juga dengan lingkungan dan masyarakat," terang Guru Besar Universitas Negeri Malang ini dalam pernyataan resminya.

Dalam PPK, lanjut Muhadjir, guru harus mampu mengolah situasi agar siswa memiliki 4C. Yakni, critical thinking, communication skill, creativity and innovation, serta collaboration.

"Untuk itu pembelajaran tidak hanya mengandalkan kelas. Guru harus bisa mengajak siswa lebih aktif, memecahkan masalah, bekerja dalam tim, saling menghormati dan menghargai," ujarnya.

Ia menyebutkan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017 sebagai pintu masuk penerapan PPK melalui pengaturan jam kerja guru. (esy/jpnn)


Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, salah satu kunci kesuksesan pendidikan penguatan karakter (PPK) adalah guru.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News