He he he, Bu Susi Rela Masuk Kolong Tempat Tidur demi Hobi

He he he, Bu Susi Rela Masuk Kolong Tempat Tidur demi Hobi
Susi Pudjiastuti. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Sudi Pudjiastuti memang tak pernah mengenyam pendidikan tinggi. Bahkan, ijazah resminya hanya sekolah menengah pertama (SMP).

Namun, pengusaha perikanan asal Pangandaran, Jawa Barat itu dikenal punya wawasan luas. Susi memiliki wawasan luas dari hobinya membaca.

“Saya dari kecil suka membaca, kalau anak sekarang kan tak hanya kertas tapi sudah elektronik. Meskipun di daerah masih banyak juga yang andalkan hard copy dan buku bacaan,” tuturnya dalam ajang Temu Pendidik Nusantara 2017 bersama Wardah di GOR Ragunan bersama seribu guru, Minggu (16/10).

Susi menambahkan, hobinya saat kecil adalah mojok di perpustakaan saat kecil. Dia tak bisa menunda buku yang dibacanya karena rasa penasarannya yang tinggi.

“Saya rasa tak ada satu buku di perpustakaan sekolah yang belum pernah saya baca. Tiap hari saya membaca,” ujarnya.

Susi menambahkan, kebiasaannya membaca tak hanya di sekolah, tetapi juga di rumah. Padahal saat dirinya kecil, orang tuanya menerapkan jam tidur malam yang sangat disiplin.

Susi pun mencuri-curi kesempatan saat ayahnya sudah mematikan lampu kamarnya. Bahkan, dia masuk ke kolong tempat tidur demi menuntaskan buku bacaan.

“Jam sembilan malam itu lampu sudah harus mati. Saat dicek ke kamar saya kan sudah gelap. Tapi saya punya baterai (senter) sehingga saya masuk ke dalam selimut membaca supaya enggak kelihatan anak saya. Bahkan saya membaca di kolong tempat tidur, kasurnya saya tutupi guling seolah saya sudah tidur,” katanya tertawa.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sudi Pudjiastuti memang tak pernah mengenyam pendidikan tinggi. Bahkan, ijazah resminya hanya sekolah menengah pertama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News