Insyaallah Ibu Kota di Kalimantan Tengah

Insyaallah Ibu Kota di Kalimantan Tengah
Kota Palangka Raya. Foto:JHONY PRIHANTO/KALTENG POS/JPNN.com

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran optimistis provinsi yang dipimpinnya bakal menjadi ibu kota menggantikan DKI Jakarta.

Dia berkaca pada kebijakan pemerintah pusat melakukan upaya percepatan pembangunan Kalteng dalam beberapa waktu terakhir.

“Kalau melihat arahnya, insyaallah ibu kota di Kalteng. Kalau terealiasasi, lokasinya di tiga titik seperti yang sering saya kemukakan, yakni Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas,” kata Sugianto, Minggu (13/8).

Selain itu, imbuh dia, Kalteng memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh provinsi lain yang sama-sama mengajukan diri sebagai calon ibu kota.

“Kalteng memiliki sejarah sendiri mengenai wacana ibu kota ini. Karena hal itu dilontarkan langsung oleh Presiden RI pertama Bung Karno saat meletakkan batu pertama Kota Palangka Raya puluhan tahun lalu,” ujarnya.

Sugianto juga meminta masyarakat tidak perlu khawatir.

Terutama terkait pemberdayaan masyarakat lokal di berbagai sektor.

“Saya kira tidak perlu takut. Karena sebelum itu (ibu kota dipindahkan), kami akan meminta perhatian serius dari pusat. Baik itu sektor pendidikan, kesehatan dan termasuk jaminan untuk adat serta budaya kita agar tidak luntur,” ujar Sugianto.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran optimistis provinsi yang dipimpinnya bakal menjadi ibu kota menggantikan DKI Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News