Kapolri: Tekan Intoleransi Dengan Langkah Preventif

Kapolri: Tekan Intoleransi Dengan Langkah Preventif
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menilai langkah-langkah preventif perlu terus dilakukan untuk menekan munculnya peristiwa-peristiwa intoleransi di Indonesia.

Caranya, antara lain dengan terus membangun toleransi keagamaan di tengah masyarakat.

“Kemudian mengefektifkan kembali infrastruktur untuk keberagaman seperti FKUB (forum komunikasi umat beragama), serta membangun hubungan agar komunikasi di antara ormas-ormas semakin ditingkatkan," ujar Tito usai menjadi pembicara pada kuliah umum yang digelar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kampus Jatinangor, Jawa Barat, Rabu (18/1).

Langkah preventif, kata Tito, tidak cukup hanya dilakukan pemerintah. Namun perlu dilakukan secara bersama-sama seluruh elemen masyarakat. Caranya adalah meningkatkan komunikasi di antara suku-suku, agama, ras dan antargolongan yang ada, maupun menjalin tali silaturahmi dalam bentuk lainnya.

"Jadi hal-hal tersebut harus diperbanyak baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Selain itu harus ada langkah kohesif kalau ada pelanggaran hukum," tutur Tito.(gir/jpnn)


Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menilai langkah-langkah preventif perlu terus dilakukan untuk menekan munculnya peristiwa-peristiwa intoleransi


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News