Korban Mentawai Luput dari Perhatian

Korban Mentawai Luput dari Perhatian
Korban Mentawai Luput dari Perhatian
PADANG -- Perhatian publik seolah hanya tersedot ke Kota Padang dan Pariaman. Kepulauan Mentawai luput dari perhatian. Beruntung, secara pro aktif Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabagalet menyampaikan informasi ke Satkorlak PB Sumbar yang ada di Kota Padang, mesi baru sebatas laporan lisan lewat sarana telekomunikasi.

Dalam laporannya, bupati menyebutkan setidaknya di Pulau Sipora ada 28 gedung rusak parah. Lantaran laporan masih merupakan informasi awal, belum diketahui persis ada tidaknya korban jiwa dan berapa warga yang diungsikan.

"Laporannya (Bupati Mentawai, red) via radio, banyak rumah yang rusak. Namun, tidak dirinci berapa yang mengungsi dan bangunan apa saja yang rusak. Jalan dan sejumlah jembatan rusak ringan. Belum ditemukan adanya korban jiwa dalam peristiwa ini," sebut Wagub Marlis Rahman yang menerima laporan Yudas. Laporan Bupati Kepulauan Mentawai memang disampaikan ke Satkorlak PB Sumbar dimana Wagub merupakan unsur Satkorlak.

Sulitnya akses ke Mentawai juga menghalangi tim PMI mendatangi kabupaten kepulauan itu. Menurut Ketua PMI Marie Muhammad, pihaknya tidak bisa membawa bantauan dan meninjau Mentawai karena PMI tidak memiliki kapal. Mestinya, kata Marie, pemerintah secepatnya menyediakan sarana transportasi ke daerah tersebut. Anehnya, dalam situasi sulit seperti ini, pihak gubernuran maunya ada data resmi.

PADANG -- Perhatian publik seolah hanya tersedot ke Kota Padang dan Pariaman. Kepulauan Mentawai luput dari perhatian. Beruntung, secara pro aktif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News