Masyarakat Diajak Terapkan Nilai-Nilai Pancasila  

Masyarakat Diajak Terapkan Nilai-Nilai Pancasila  
Ilustrasi Pancasila. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Adnan mengajak masyarakat menerapkan nilai-nilai Pancasila.

“Pancasila adalah peninggalan yang sangat luar biasa karena merupakan suatu gagasan narasi besar yang harus kita akui,” ujar Adnan, Kamis (4/10)   

Menurut dia, Pancasila merupakan sebuah karya besar para founding fathers Indonesia dalam meracik sebuah ideologi.

“Pancasila ini sebenarnya punya suatu gambaran cita-cita masyarakat yang ideal bahwa masyarakat nusantara yang berpancasila ini sebenarnya masyarakat yang berperadaban tinggi,” ujar Adnan.

Tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) itu menambahkan, saat ini banyak negara yang mengagumi Pancasila.

“Negara luar saja banyak yang ingin mencontoh dan meniru Pancasila. Sangat aneh kalau justru masyarakat kita yang ingin meninggalkan Pancasila," imbuh Adnan.

Menurut dia, sudah saatnya Pancasila ditampilkan secara terbuka, dinamis, dan diimplementasikan dalam bentuk inovasi baru untuk membentengi masyarakat dari radikalisme negatif.
 
"Sehingga nanti pada ujungnya masyarakat kita sampai pada kesimpulan bahwa memang Pancasila itu betul-betul ideologi jalan tengah yang sudah sesuai dengan nation and character bangsa Indonesia,” ujar Adnan. (jpnn)


Peneliti Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Adnan mengajak masyarakat menerapkan nilai-nilai Pancasila.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News