Pancasila Pedoman Untuk Menggapai Prestasi Bangsa

Pancasila Pedoman Untuk Menggapai Prestasi Bangsa
Ilustrasi Pancasila. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Praktisi dan akademisi hukum Suhardi Somomoeljono mengatakan, Pancasila bisa melindungi dan mengayomi kepentingan seluruh warga negara Indonesia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dengan semangat saling menghormati dan gotong royong.

Menurut Suhardi, jika Pancasila itu ditegakkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, Indonesia bakal menjadi negara yang adil dan makmur.

Selain itu, Indonesia juga akan kebal menghadapi berbagai ancaman yang bisa memecah belah bangsa seperti intoleransi, radikalisme, dan terorisme.

“Secara hukum keberadaan Pancasila sebagai ideologi negara sejak Indonesia merdeka sudah final. Dalam perspektif hukum positif di Indonesia tidak dimungkinkan adanya ideologi lain selain Pancasila,” kata Suhardi, Selasa (2/10).

Dia menambahkan, upaya mengganti ideologi Pancasila dengan cara apa pun sangat dilarang dan dapat dikualifikasi sebagai bentuk perbuatan melawan hukum.

Untuk itu, tegas Suhardi, peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2018 harus menjadi momentum untuk kembali menguatkan pemahaman dan pengalaman Pancasila dalam kehidupan nyata bangsa Indonesia.

Apalagi, secara historis, Pancasila telah didukung oleh fakta sejarah bahwa rakyat Indonesia bersama TNI/Polri selalu berjuang untuk mempertahankan keberadaannya sebagai ideologi bangsa.

“Siapa pun yang mencoba menghancurkan Pancasila tentu akan berhadapan dengan rakyat Indonesia,” tegas pengajar di Universitas Mathla’ul Anwar Banten itu. (jpnn)


Pancasila bisa melindungi dan mengayomi kepentingan seluruh warga negara Indonesia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News