Senin, 29 Mei 2017 – 07:13 WIB

Mentan Gelar Operasi Pasar Bawang Putih di Surabaya, Hasilnya?

Jumat, 19 Mei 2017 – 13:22 WIB
Mentan Gelar Operasi Pasar Bawang Putih di Surabaya, Hasilnya? - JPNN.COM

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat menggelar operasi pasar di Surabaya. Foto dok Humas Kementan

SHARES

jpnn.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman hari ini melakukan operasi pasar bawang putih bersama dengan Asosiasi Pengusaha Pajale di Pasar Induk Osowilangun, Surabaya sebanyak 100 ton.

Setelah Mentan dan Wakapolri melakukan penangkapan tiga tersangka penimbunan bahan pangan di Merunda, harga bawang putih di tingkat distributor turun jauh, semula harga Rp 45 ribu saat ini harga menjadi Rp 10-23 ribu per kg, terjadi penurunan harga hingga Rp 22 ribu.

"Jadi mulai saat ini kami sepakat tidak ada lagi harga di atas 23 ribu, kalau ditemukan maka akan kita cabut ijinnya untuk berdagang," tegas Amran.

Pada dua hari lalu harga bawang putih dilaporkan menyetuh Rp 50 ribu per kg. Saat ini harga ditingkat konsumen diperkirakan 30 ribu per kg.

Selain bawang putih, Amran memastikan jelang Ramadan posisi harga stabil untuk semua kebutuhan pangan seperti cabai, bawang, beras telur, ayam dan daging.

"Sinergi ini menghasilkan sesuatu yang luar biasa, harga stabil insyallah sampai idul fitri, " kata Amran.

Sementara, ketua Asosiasi Pengusaha Pajale (APP), Piko Setiadi menyatakan kesiapannya untuk mengawal kestabilan harga bawang putih.

"Bukan hanya saat jelang Ramadhan saja tapi kami siap mengawal kestabilan harga sepanjang tahun," tutur Piko.

loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini