MotoGP Italia: Pertarungan Pembalap Tuan Rumah Vs Rider Spanyol

MotoGP Italia: Pertarungan Pembalap Tuan Rumah Vs Rider Spanyol
Valentino Rossi. Foto: Crash

jpnn.com, MUGELLO - Sejak era MotoGP, balapan seri Italia yang berlangsung di Sirkuit Mugello menjadi pertarungan bagi pembalap tuan rumah dengan para pembalap Spanyol. Ya, Mugello menjadi rumah bagi pembalap Italia dan tentu saja mereka ingin menjaga gengsi di sirkuit legendaris tersebut.

Balapan akhir pekan ini (2/6) akan menjadi edisi yang ke-18 sejak era MotoGP. Selama itu pula masing-masing, delapan kali rider Italia dan Spanyol berbagi kemenangan. Satu-satunya kemenangan yang direbut pembalap bukan dari dua negara tersebut adalah Casey Stoner (Australia) pada musim 2009 silam.

Valentino Rossi menjadi pendulang kemenangan paling banyak di Mugello. Total dia mengamankan sembilan kemenangan di sirkuit sepanjang 5,245 kilometer tersebut. Sebanyak tujuh kali di kelas premier MotoGP, dan masing-masing sekali pada kelas 250cc dan 125cc.

Tetapi, kemenangan yang diraih Rossi sudah cukup lama. Yakni pada musim 2008, situasi itu bisa menjadi motivasi buat The Doctor-julukannya.

Rider tertua di MotoGP itu antusias menyambut home race-nya musim ini. "Ini adalah salah satu track balapan yang indah tahun ini. Saya sangat menyukainya, tetapi akan sulit karena semua pembalap sangat cepat," ucapnya sebagaimana dikutip Crash.

Sirkuit Mugello punya 14 tikungan, sembilan ke kanan, lima lainnya ke kiri. Ketimbang GP Prancis di Le Mans sebelumnya, Mugello menawarkan lebih sedikit akselerasi dengan kecepatan rendah. "Tetapi di sana juga ada track lurus yang cukup panjang, itu menjadi titik lemah buat kami," sambung Rossi.

(Baca Juga: Mulai 2022, MotoGP akan ada 22 Seri Balapan dalam Satu Musim)

Tahun lalu, di sirkuit yang sama, dia sempat mengamankan pole position. Sayangnya saat balapan, Rossi tak mampu mempertahankan posisi dan hanya berhasil mencuri podium ketiga. Adapun pemenang saat itu adalah Jorge Lorenzo yang menjalani musim terakhirnya bersama Ducati, tim pabrikan Italia.

Valentino Rossi mengoleksi tujuh kemenangan di MotoGP Italia, tetapi terakhir kali dia finis pertama di sana sudah cukup lama, 2008.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News