Sabtu, 24 Juni 2017 – 05:23 WIB

MUI Dorong Pengembangan UMKM Berbasis Syariah

Sabtu, 22 April 2017 – 08:57 WIB
MUI Dorong Pengembangan UMKM Berbasis Syariah - JPNN.COM

Majelis Ulama Indonesia. Foto: MUI

SHARES

jpnn.com, JAKARTA - Kongres Ekonomi Umat Islam yang dihelat Majelis Ulama Indonesia dimulai hari ini. Kongres bertema "Arus Baru Ekonomi Indonesia" ini akan membahas isu utama yaitu penegakan kedaulatan ekonomi umat. Langkah konkritnya yaitu dengan mempercepat redistribusi dan optimalisasi sumber daya alam secara arif dan berkelanjutan.

"Gagasan penting lainnya dalam kongres ini adalah memperkuat sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing tinggi berbasis keunggulan IPTEK, inovasi, dan kewirausahaan," kata Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Pusat M Azrul Tanjung dalam pernyataan resminya, Sabtu (22/4).

Dia menambahkan, MUI berencana membuat program pendampingan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pembuatan kurikulum berbasis industri di SMK maupun pesantren, dan lainnya. Penguatan sektor UMKM yang berlandaskan halal, akan diberi porsi besar dalam kongres ini.

Sebab, UMKM yang relatif lebih tahan terhadap krisis ekonomi dan mampu menyerap tenaga kerja hampir 97 persen dari total pekerja di Indonesia. Selain itu baru 30 persen UMKM yang mampu mengakses pembiayaan.

"Melalui kongres ini, MUI berupaya menggerakkan ekonomi umat melalui Koperasi, UMKM berbasis syariah dan menjadi pelaku usaha utama perekonomian nasional. Di samping mewujudkan mitra sejajar dengan usaha besar," terang Azrul.(esy/jpnn)

TAGS   MUI UMKM
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini