Omzet Mencapai Rp 60 Juta Per Bulan, Wouw Banget!

Omzet Mencapai Rp 60 Juta Per Bulan, Wouw Banget!
Edi Gunawan, si pengusaha jamur tiram. Foto: M Ridwan /Jambi Ekspres/JPNN.com

jpnn.com - Sudah banyak pengusaha yang menggeluti jamur tiram. Salah satunya Edi Gunawan. Dia termasuk pengusaha jamur tiram di Jambi yang sukses.

DONI SAPUTRA

BERAWAL dari kelangkaan jamur tiram dan nilai jual yang tinggi di Jambi, Edi Gunawan memberanikan diri untuk mulai membudidaya tanaman tersebut.

Awalnya kecil-kecilan. Kini, omzet dalam sebulan mencapai puluhan juta.

Selasa (25/4) siang, Jambi Ekspres (Jawa Pos Group) menyambangi kediaman Edi di Jalan Lingkar Barat, RT 07, Kelurahan Bagan Bete, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi.

Di areal rumahnya dan lahan yang diperkirakan seluas 7 tumbuk, dia membangun usaha pembibitan dan budi daya jamur tiram.

Mulai dari Sterilisasi Baglog (tempat bibit), ruang inuklasi (pengisian bibit), ruang inkubasi (tempat menyimpan bibit) dan ruang (kumbung) tempat budi daya. Prosesnya sampai siap panen antara 40-50 hari.

Di depan kumbung yang terbuat dari kayu, ayah tiga anak ini bercerita, dirinya menggeluti budi daya jamur tiram sejak 2009. Namun, fokus mulai 2010, dengan berhenti bekerja sebagai suplier pupuk sawit.

Sudah banyak pengusaha yang menggeluti jamur tiram. Salah satunya Edi Gunawan. Dia termasuk pengusaha jamur tiram di Jambi yang sukses.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News