Pameran Tunggal I Nyoman Ari Winata Berobjek Gajah

Pameran Tunggal I Nyoman Ari Winata Berobjek Gajah
FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Gajah menjadi objek utama dalam lukisan karya I Nyoman Ari Winata yang dipajang di sisi selatan lobi Novotel Samator Surabaya Timur Hotel, kemarin (6/11). Warna abu-abu yang dibubuhi guratan hitam mewarnai tubuh gajah tersebut seolah dilukis secara realis.

Pelukis asal Bali yang tengah berpameran di Surabaya itu membawa tujuh lukisan yang bisa dibilang serupa, namun tak sama. Sebab, objek gajah dia pilih sebagai simbol dasar semua lukisannya. Lukisan berukuran 150 x 800 cm itu dia persembahkan dengan nama Rise of Journey.

Makna yang terkandung dalam lukisan tersebut tentang perjalanan kehidupan. Jika dilihat dengan teliti, banyak objek lain yang sesungguhnya tergambar ramai dalam lukisan tersebut. Misalnya, kawanan kera yang bergelantungan di tubuh gajah. Ada pula masyarakat Bali yang tampak mengenakan pakaian adat. 

Tergambar juga kebudayaan Bali di sana. Misalnya, mayat-mayat yang tergeletak kaku di Desa Truyan, desa dengan budaya tidak menguburkan orang meninggal. ''Barisan gajah ini ibarat kehidupan. Ia dengan badan yang besar rela berjalan beriringan dengan banyak makhluk hidup lainnya,'' ujar Nyoman saat dihubungi kemarin.

Pria yang lulus dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Bali, itu juga memasukkan unsur keanekaragaman budaya di Indonesia sebagai wujud nasionalismenya. Menjelang peringatan Hari Pahlawan 10 November mendatang, Nyoman ingin berpesan lewat karya bahwa tidak ada orang lain yang harus merawat harmoni keberagaman selain bangsa kita sendiri. ''Nah, kalau sudah punya kekuasaan, besar kayak gajah, tapi masih mau memikirkan sekitar dan hidup dengan selaras, nanti jadi seperti gajah, simbol kebijaksanaan,'' imbuh Nyoman.

Selain lukisan yang tersusun panjang dari empat panel itu, ada lukisan Nyoman yang berjudul Bali Spirit. Digambarkan serupa dengan teknik drawing kanvas, Nyoman mencoba menyampaikan sisi kasih sayang dan kecerdasan dalam sosok sang gajah. (via/c4/tia) 

Makna yang terkandung dalam lukisan itu tentang perjalanan kehidupan. Jika dilihat dengan teliti, banyak objek lain yang sesungguhnya tergambar dalam lukisan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News