PDIP Juara Pemilu 2019, Enam Partai Terlempar

PDIP Juara Pemilu 2019, Enam Partai Terlempar
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Foto : Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP menjuarai Pemilu 2019. Partai besutan Megawati Soekarnoputri itu menang telak berdasar hasil quick count (QC) atau hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA dengan data yang masuk sudah 100 persen.

BACA JUGA : Ahoker dan PDIP Berjaya di TPS Keluarga Habib Rizieq

Jarak antara partai berlambang banteng moncong putih itu dengan pesaing di bawahnya cukup jauh. Dalam QC itu juga disimpulkan sementara ada sembilan partai politik yang lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) 4 persen.

BACA JUGA : PDIP Jadikan Rumah Megawati untuk Pusat Pemantauan Quick Count Pemilu 2019

 "Kami hargai rekapitulasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum, tetapi dari hasil quick count LSI rerkait pileg, yang dipastikan lolos ambang batas parlemen 4 persen ada sembilan partai," ujar peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar dalam paparan hasil quick count Pileg 2019 di kantornya, Kamis (18/4).

BACA JUGA : Quick Count Litbang Kompas Data 35,15 Persen: PDIP Unggul Telak, Posisi Kedua Golkar

Berdasar hasil QC LSI Denny JA, PDIP meraih 19,80 persen. Posisi kedua, persaingan ketat terjadi antara Partai Gerindra dan Partai Golkar.Menurut Rully, Partai Gerindra akhirnya berada di posisi kedua di bawah PDIP dengan raihan 12,50 persen.

Partai Golkar berada di posisi ketiga di bawah Partai Gerindra dengan raihan 12,21 persen.

Jarak perolehan suara antara PDI Perjuangan dengan pesaing di bawahnya cukup jauh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News