Pesan Pak Dirjen Udara, Waspadai Sebaran Abu Vulkanik!

Pesan Pak Dirjen Udara, Waspadai Sebaran Abu Vulkanik!
ILUSTRASI. Gunung. FOTO: Radar Jogya/JPNN.com

jpnn.com - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso mengingatkan para pelaku penerbangan nasional mewaspadai sebaran abu vulkanik akibat gunung meletus.

Di mana Gunung Sinabung meletus pada Sabtu (20/5) dan di hari yang sama Gunung Dukono juga meletus.

Debu-debu vulkanik halus tersebut bisa tersedot ke dalam mesin pesawat dan menyebabkan mesin rusak atau terbakar.

Selain itu, sebaran abu yang pekat di sekitar bandara juga bisa menyebabkan jarak pandang menjadi pendek dan terbatas.

"Dua hal ini bisa menyebabkan keselamatan penerbangan terganggu," ujat Agus dalam siaran persnya.

Agus menegaskan keselamatan penerbangan merupakan hal yang utama. Para pelaku operasional penerbangan harus berani menolak bila ada pihak-pihak yang memaksakan kehendak, yang tidak sesuai dengan keselamatan penerbangan.

“Saya ingatkan kepada semua insan penerbangan, terutama para pilot dan ATC, para General Manager, serta Kepala Bandara agar mewaspadai sebaran abu vulkanik ini. Sebelum melakukan operasional penerbangan, harus selalu meminta data dan pertimbangan dari BMKG setempat," tutur Agus.

"Jangan memaksakan untuk terbang jika memang keadaan tidak memungkinkan. Sedangkan bagi pesawat yang sudah terbang, pilot harus selalu berkoordinasi dengan pihak ATC untuk memberitahu jalur udara (airways/ ATS Route) yang aman dari sebaran abu vulkanik tersebut,” imbuh Agus.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso mengingatkan para pelaku penerbangan nasional mewaspadai sebaran abu vulkanik akibat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News