PLN Siapkan Gardu Listrik Khusus untuk Amenitas di Labuan Bajo

PLN Siapkan Gardu Listrik Khusus untuk Amenitas di Labuan Bajo
Instalasi listrik. Foto: Kaltim Post/JPNN

jpnn.com, FLORES - PT PLN ingin berperan dalam Indonesia Incorporated dalam mengembangkan pariwisata di salah satu destinasi prioritas Labuan Bajo.

Gardu listrik tersendiri langsung disiapkan untuk memback up pasokan listrik ke hotel dan restoran di Labuan Bajo yang membutuhkan daya di atas 41.500 VA.

Sejak Januari hingga Juli 2017 ini, sudah 19 unit gardu yang melayani hotel dan restaurant serta ada sebagian kecil kantor pemerintah dan swasta di kota pariwisata itu.

Manager PLN Labuan Bajo Yuniarto mengatakan, untuk tahun ini, jumlah pelanggan potensial di labuan Bajo sebanyak 27 pelanggan. Mereka juga berpeluang untuk dilayani gardu tersendiri.

"Asalkan pelanggan yang mau dilayani gardu tersendiri itu bersedia menyiapkan lahan sekitar 2x2 meter. Selain hotel atau restaurant, kantor pemerintah dan swasta serta rumah sakit juga dilayani gardu tersendiri sehingga tidak terganggu. Gardu untuk hotel dan restaurant merupakan bentuk dukungan PLN, terhadap pengembangan pariwiasata," kata Yuniarto, Senin (10/7).

Saat ini, lanjut Yuniarto, PLN sedang melakukan penguatan sistem dari Labuan Bajo ke PLTMG Rangko.

Dalam bentuk penanaman tiang untuk evakuasi daya. Selain itu, pemasangan gardu-gardu juga dilakukan dari PLTD Golo Bilas ke gardu induk Golo Bilas, lalu ke PLTD Gorontalo.

Sedangkan three way yaitu alat untuk manuver otomatis agar suplai listrik bisa dari dua sumber, telah dipasang di dua tempat.

PT PLN ingin berperan dalam Indonesia Incorporated dalam mengembangkan pariwisata di salah satu destinasi prioritas Labuan Bajo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News