PPDB Sistem Zonasi: Anak tak Perlu Belajar yang Penting Rumah Dekat Sekolah

PPDB Sistem Zonasi: Anak tak Perlu Belajar yang Penting Rumah Dekat Sekolah
Siswa SD. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, TARAKAN - Penerimaan Peserta Didik Baru alias PPDB sistem zonasi dinilai tak adil karena seleksi berdasar jarak rumah dengan sekolah.

Kepada Radar Tarakan (Jawa Pos Group), salah satu orangtua calon siswa Nuriza (35) mengatakan bahwa dirinya kecewa terhadap sistem zonasi yang diterapkan saat ini. Sebab itu, dia merasa apa yang diusahakannya, termasuk memberi pelajaran tambahan bagi anaknya dengan harapan dapat menempuh pendidikan di sekolah negeri.

“Ya kecewa sekalilah. Percuma anak dapat nilai tinggi, kalau yang diterapkan sitem zonasi seperti ini. Mending kemarin anak saya enggak usah belajar sekalian, terus kami tinggal dekat dengan sekolah saja biar bisa diterima,” keluhnya.

Demi menyekolahkan sang anak di sekolah negeri, Nuriza pun mengadukan hal tersebut ke sekolah. Namun karena ketidakpastian, membuat Nuriza memilih untuk berkunjung ke Disdikbud Tarakan secara langsung guna mendapatkan jawaban yang pasti.

BACA JUGA: Guru di Jabatan Struktural Tidak Akan Ditarik Lagi

“Makanya saya ke sini (Disdikbud), karena saya mau dengar jawaban dari orang-orang sini. Kenapa bisa begitu, ini tidak adil bagi kami. Kami ini orang miskin, tidak mampu kalau mau sekolahkan anak di swasta, makanya kami selalu berusaha biar anak kami pintar dan bisa bersekolah di negeri,” tutupnya.

Pengamat pendidikan Kota Tarakan, Tajuddin Noor mengatakan bahwa pada dasarnya, sistem zonasi telah diterapkan pada 2 tahun lalu di Kota Tarakan.

Menurut Tajuddin sistem zonasi yang digunakan p dulu per kelurahan dengan pertimbangan penyebaran distribusi sekolah. “Kalau hanya dibatasi yang dekat, misalnya hanya RT tertentu, maka akan ada anak yang tidak kebagian karena mereka punya hak untuk memperoleh pendidikan,” ujarnya.

PPDB sistem zonasi dikeluhkan para ortu siswa karena nilai ujian anak seolah tidak ada manfaatnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News