Presiden Jokowi Kunker ke Kalimantan untuk Tinjau Lokasi Calon Ibu Kota RI

Presiden Jokowi Kunker ke Kalimantan untuk Tinjau Lokasi Calon Ibu Kota RI
Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (7/5). Foto: Biro Pers

jpnn.com, BALIKPAPAN - Presiden Joko Widodo alias Jokowi melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Pulau Kalimantan, Selasa (7/5). Kunjungan kerja itu terkait dengan rencana pemerintah memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta.

Pesawat kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, pukul 09.00 WIB. Jokowi tiba di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pukul 11.55 WITA.

Baca juga: Pemerintah Andalkan BUMN dan Swasta untuk Bangun Ibu Kota Baru

Sejumlah menteri tampak ikut dalam rombongan Presiden Jokowi. Antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN Sofyan A. Djalil.

Selanjutnya, Presiden Ketujuh RI itu langsung menuju lokasi yang menjadi salah satu alternatif untuk ibu kota baru RI.  Setelah itu, Presiden Jokowi beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Provinsi Kalimantan Tengah.

Presiden Jokowi akan bermalam di Kota Palangka Raya untuk melanjutkan rangkaian kunjungan kerja keesokan harinya.  "Di antaranya meninjau lokasi yang menjadi alternatif rencana pemindahan ibu kota," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Baca juga: Saran Fahri untuk Presiden Jokowi soal Ibu Kota Baru RI

Sebelumnya Presiden Jokowi kembali menegaskan bahwa pemerintah tidak main-main terkait rencana pemindahan ibu kota negara. Menurutnya, pemerintah terus mematangkan rencana pemindahan ibu kota RI dari Jakarta.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Pulau Kalimantan, Selasa (7/5) dengan agenda peninjauan sejumlah alternatif lokasi calon ibu kota RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News