Sudah Diklarifikasi, Bumbu Mengandung Babi Disebar Lagi

Sudah Diklarifikasi, Bumbu Mengandung Babi Disebar Lagi
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Belakangan merebak kabar ada bumbu masakan yang mengandung babi. Labelnya pun meyakinkan, sebagaimana yang tertera dalam kalimat pembuka. ’’Kabar dari Pondok Wali Barokah, Burengan, Kediri, untuk intern,’’ isi pesan tersebut di pembukanya.

Isi pesan cukup singkat, tetapi membuat siapa pun yang membacanya berpeluang langsung percaya.

Salah satunya, menyebut kata dewan penasihat tanpa diikuti lembaganya. Dewan itu meminta adanya penelitian kesehatan untuk bahan makanan yang mengandung babi.

Pesan tersebut diklaim sebagai posting-an Ketua Bidang Kerja Sama Internasional MUI Pusat KH Dr Muchyidin Junaidi.

Pembuat pesan seolah-olah mengunduh dan menyiarkannya. Tentu disertai permintaan untuk ikut menyebarkan.

Pembuat pesan menyebutkan delapan bumbu masakan dari berbagai brand yang diteliti beserta kesimpulan kandungannya. Seluruh merek bumbu masakan itu sangat populer di masyarakat.

Antara lain, Masako, Royko (merek asli tertulis Royco), micin Sasa, micin Ajinomoto, bumbu Indomie goreng, saus tiram Saori, tepung bumbu Sasa, dan tepung bumbu Sajiku.

Dari penelitian disimpulkan, empat di antara delapan bumbu masakan itu mengandung babi. Di penghujung pesan, penyebar kabar palsu tersebut menuliskan kalimat yang cukup sensitif. ’’Alhamdulillah akhirnya Umat Muslim tahu juga, semoga bermanfaat,’’ isi dalam pesan berantai tersebut.

Belakangan merebak kabar ada bumbu masakan yang mengandung babi. Labelnya pun meyakinkan, sebagaimana yang tertera dalam kalimat pembuka. ’’Kabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News