Sutradara Peraih Oscar Jonathan Demme Tutup Usia

Sutradara Peraih Oscar Jonathan Demme Tutup Usia
ILUSTRASI: Patung Oscar. (ANTARA/REUTERS/Brendan Mc/am.)

jpnn.com - Hollywood kehilangan salah seorang sineas hebatnya. Jonathan Demme, sutradara yang dikenal lewat film thriller The Silence of the Lambs, tutup usia pada Rabu siang (26/4) waktu setempat dalam usia 73 tahun.

’’Dia meninggal di rumahnya di Manhattan. Dia meninggal akibat komplikasi dari kanker yang diidapnya selama dua tahun terakhir,’’ ungkap publisis Demme, Leslee Dart, dikutip dari Hollywood Reporter.

Sutradara kelahiran New York, AS, tersebut memulai karir pada era 70-an sebagai penulis naskah sekaligus produser. Pada 1974, dia melakukan debut penyutradaraan lewat Caged Heat.

Film itu mengisahkan kekerasan di penjara khusus perempuan. Sejak karya pertamanya tersebut, ayah tiga anak itu dikenal berani mengangkat film yang punya tema menyindir kondisi sosial.

Selain The Silence of the Lambs, Philadelphia yang dirilis pada 1993 menjadi salah satu karya terbaik Demme. Dibintangi Tom Hanks dan Denzel Washington, Philadelphia merupakan film Hollywood bertema AIDS dan homoseksualitas pertama yang digarap dengan bujet besar. Ketika itu biaya penggarapannya mencapai USD 26 juta (Rp 346 miliar).

Kenekatan sutradara lulusan University of Florida tersebut berbuah manis. Film itu sukses meraih Piala Oscar untuk Aktor Terbaik dan Soundtrack Terbaik, lewat lagu Streets of Philadelphia yang dibawakan Bruce Springsteen.

Demme menyisakan satu proyek terakhir yang ditayangkan tepat pada malam saat dirinya meninggal, Shots Fired. Proyek film dengan total durasi enam jam tersebut menceritakan penembakan oleh polisi.

’’Dia merupakan orang yang paling semangat di lokasi syuting. Bahkan, dia pernah muncul pagi-pagi, masih mengenakan piyama Pokemon di tengah tim dan cast,’’ papar Gina Prince-Bythewood, executive producer Shots Fired.

Hollywood kehilangan salah seorang sineas hebatnya. Jonathan Demme, sutradara yang dikenal lewat film thriller The Silence of the Lambs, tutup usia

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News