Terkuak Fakta di Balik Penyebaran Hoaks Judul Konten Dewasa

Terkuak Fakta di Balik Penyebaran Hoaks Judul Konten Dewasa
Ilustrasi Facebook. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah tautan di-share pemilik akun Facebook Cut Meutia Adrina. Kalimatnya berbunyi, ”Pakar IT No. 1 Dubai Mengatakan Chat HRS-FIRZA 100% Fake (Palsu), Begini Penjelasannya….”

Dalam tautan itu juga terdapat tulisan news.detik.com. Seolah-oleh tautan tersebut berasal dari portal berita Detik.

Tautan itu juga dilengkapi foto yang seolah-olah menggambarkan aktivitas pakar IT Dubai. Pakar tersebut diberi nama Salman Khan.

Tautan yang dibagikan Cut Meutia itu seketika viral. Ada 1.400 facebooker yang beraksi dengan mengeklik sejumlah ikon.

Status itu juga dibagikan hingga 598 kali. Juga, ada 98 komentar di dalamnya. Sebenarnya status yang dibuat Cut Meutia tersebut tipu-tipu.

Modusnya persis dengan orang yang menyebarkan hoax tentang berita beredarnya foto berbusana tak lengkap Najwa Shihab (Jawa Pos/JPNN, 19 Juli 2017).

Tautan yang disebar Cut Meutia itu tak mengarah ke portal berita seperti yang tertulis. Anda akan diarahkan ke sebuah laman blog http://facebook-redirect-info.blogspot.com/2017/06/blog-post_19.html. Di dalam laman itu, Anda tidak akan melihat tampilan portal berita Detik.

Yang ada justru tampilan portal berita Republika. Tipu-tipu tersebut dilakukan dengan teknik i-frame. Pengunjung website seolah-olah dibuat sedang mengakses portal berita Republika.

Sebuah tautan di-share pemilik akun Facebook Cut Meutia Adrina. Kalimatnya berbunyi, ”Pakar IT No. 1 Dubai Mengatakan Chat HRS-FIRZA 100% Fake

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News