Warga Korsel Mulai Sibuk Mudik Chuseok

Warga Korsel Mulai Sibuk Mudik Chuseok
Warga Korsel Mulai Sibuk Mudik Chuseok
SEOUL- Fenomena mudik tak hanya terjadi di Indonesia. Warga Korea Selatan juga memiliki tradisi yang sama, pulang kampung. Hanya saja, tradisi mudik di Korsel tak terkait Lebara Idul Fitri.  Adalah hari raya tradisional yang disebut dengan istilah Chuseok. Bahkan, seperti halnya di Indonesia, Pemerintah Korsel juga mengeluarkan kebijakan cuti bersama, yaitu libur 3 hari berturut-turut menjelang Hari Raya tradisional Korea, Chuseok yang jatuh pada 22 September mendatang.

Sebagaimana dilansir Kantor Berita KBS, peningkatan kendaraan dan penumpang untuk pulang kampung mulai terlihat. Menurut perusahaan umum Binamarga Korea Selatan, selama hari Senin saja, tercatat 410 ribu unit mobil membajiri arus mudik tersebut.

"Jumlah unit kendaraan yang ingin pulang ke kampung halaman itu terus meningkat, hingga pada tanggal 22 September, jumlah kendaraan itu diperkirakan akan mencapai puncaknya sekitar 1,5 juta unit," tulis KBS di laman depan mereka.

Pada Senin pagi, seluruh stasiun kereta api dan terminal bis masih relatif lega, tetapi pada siang harinya, tempat itu sudah disesaki penuh oleh masyarakat yang ingin pulang lebih cepat menuju kampung halamannya setelah mereka usai kerja.(fuz/jpnn)

SEOUL- Fenomena mudik tak hanya terjadi di Indonesia. Warga Korea Selatan juga memiliki tradisi yang sama, pulang kampung. Hanya saja, tradisi mudik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News