8.400 Ton Batubara Terbakar

8.400 Ton Batubara Terbakar
Foto : Imam Wachyudi/Batam Pos/JPNN
BATAM - Sebanyak 8.400 ton batubara ekspor yang sedianya akan dibawa ke Thailand terbakar bersama tongkang yang mengangkutnya di perairan Batuampar, Batam. Tak ada korban jiwa dalam insiden itu, tapi kerugian ditafsir mencapai miliaran rupiah.

Seperti dilaporkan Batam Pos (grup JPNN), kebakaran yang cukup menarik perhatian aparat keamanan dari TNI Angkatan Laut dan jajaran polisi perairan Mabes Polri maupun Poltabes Barelang itu hingga Selasa (1/8) sore belum bisa dipadamkan secara total. Nimet, nahkoda tugboat Atlantic Star 808 yang menarik tongkang Taurus 05 itu mengatakan, kebakaran sebenarnya sudah terjadi sejak tanggal 25 Agustus lalu saat ia dan sembilan anak buah kapal (ABK) berlayar dari Sungai Danau, Kalimantan Selatan menuju Batam.

“Kami sudah berusaha memadamkan api menggunakan air tawar di kapal. Karena tak padam total, api kembali membesar di berbagai titik dan sulit dihentikan,” ujar sang nahkoda.

Posisi lego jangkar yang menjai tempat kejadian perkara (TKP) berada tepat di 01’10’795’N - 103’58’832E perairan Batuampar. Nimet mengungkapkan, kehadiran tugboat serta tongkang yang dinahkodainya itu di Batam untuk mengangkut logistik kru kapal. Sayangnya, terjadinya kebakaran yang mengakibatkan jadwal pelayaran ke negara tujuan (Thailand) menjadi terganggu.

BATAM - Sebanyak 8.400 ton batubara ekspor yang sedianya akan dibawa ke Thailand terbakar bersama tongkang yang mengangkutnya di perairan Batuampar,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News