Daerah Tak Paham Komputer, Pusat Kelimpungan

Tentang Pengisian Usulan Formasi CPNS

Daerah Tak Paham Komputer, Pusat Kelimpungan
Daerah Tak Paham Komputer, Pusat Kelimpungan
JAKARTA - Lantaran banyak pegawai negeri sipil (PNS) di daerah yang tidak memahami cara pengoperasian komputer khususnya program Microsoft Excel, Kementerian PAN&RB pun kelimpungan. Pasalnya, laporan pendataan formasi CPNS yang menggunakan Excel. pun menjadi amburadul.

"Pekerjaan pusat jadi lambat karena tenaga administrasi di daerah terutama daerah terpencil dan pemekaaran tidak mengerti bagaimana mengoperasikan program excel," kata Kabag Humas Kementerian PAN&RB FX Dandung Indratno kepada JPNN, Minggu (6/6).

Dia mencontohkan, di daerah Papua untuk mempercepat proses pendataan kebutuhan CPNS pemerintah sampai membuat program yang tinggal diisi datanya. Namun karena tidak tahu cara mengisi programnya, pemdanya pun mengisi secara manual.

"Jadi datanya mereka ketik lagi di program manual. Yang excel tidak mereka pakai. Masalahnya begitu diserahkan ke pusat, terpaksa harus dibuat lagi. Sementara SDM yang mengelola data hanya lima orang," bebernya.

JAKARTA - Lantaran banyak pegawai negeri sipil (PNS) di daerah yang tidak memahami cara pengoperasian komputer khususnya program Microsoft Excel,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News