Panel Etik MK Mulai Bekerja

Panel Etik MK Mulai Bekerja
Foto: Dok.JPPhoto
JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) tak mau disebut lamban membentuk MKH. Kemarin (20/12), Surat Keputusan (SK) pengangkatan panel etik dirilis untuk menunjuk ketua panel hakim konstitusi Harjono dengan sekretaris Achmad Sodiki dan Achmad Fadlil sebagai anggota.

Namun, SK tersebut tidak dengan jelas menyebut siapa hakim konstitusi yang terindikasi melanggar kode etik hakim. "Tidak ada untuk kasus apa di sini. Yang jelas, disebutkan untuk menindaklanjuti adanya dugaan pelanggaran dalam PMK (Peraturan Mahkamah Konstitusi, Red.) nomor 10," kata Ketua Panel Etik Harjono saat ditemui di ruangannya kemarin (20/12).

PMK nomor 10/PMK/2006 mengatur tentang pembentukan majelis kehormatan hakim (MKH). Namun, kata Harjono, peraturan tersebut tidak mengatur secara detail bagaimana prosedur standar dari panel etik ke MKH. "Karena itu, pertemuan panel etik masih membicarakan prosedur-prosedurnya dulu," kata hakim kelahiran Nganjuk ini.

Doktor ilmu hukum ini menargetkan awal bulan depan panel etik akan menghasilkan keputusan. Apakah membawa kasus tersebut ke MKH atau menganggap indikasi pelanggaran etik tidak terpenuhi. "Insya Allah awal bulan depan sudah ada keputusan," ujarnya.

JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) tak mau disebut lamban membentuk MKH. Kemarin (20/12), Surat Keputusan (SK) pengangkatan panel etik dirilis untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News