Merpati Jual 17 Pesawat Tua

Merpati Jual 17 Pesawat Tua
Merpati Jual 17 Pesawat Tua
JAKARTA - Selain melakukan pembelian pesawat-pesawat baru, PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) juga menjual pesawat-pesawat tua yang sudah berusia di atas 20 tahun untuk menambah modal kerja (cashflow). Tahun ini Merpati melelang 17 pesawat Fokker 27, 28 dan CN 235.

"Tahun 2010 kita sudah jual tiga pesawat Fokker 28, satu Fokker 27 seharga Rp 4,5 miliar  lalu satu unit CN 235 yang dibeli Rp 300 juta per unit. Sebagian memang sudah tidak laik terbang. Yang ikut lelang kebanyakan dari dalam negeri," Vice President Auction Asset Management Merpati, Purwatmo saat dihubungi, Minggu (15/5).  Lelang dilakukan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

   

Purwatmo mengatakan bahwa lelang pesawat seperti itu sangat diminati oleh pembeli. Sayangnya, lelang hanya diadakan dua kali dalam setahun. Padahal cukup banyak pesawat Merpati yang akan dilelang. "Awalnya kita diizinkan melelang 25 pesawat, tapi karena waktunya sempit, hanya dua kali dalam setahun, maka cuma terjual lima itu," tambahnya.

   

Selain itu banyak calon pembeli yang menganggap barang lelang itu sebagai besi bekas sehingga nilainya dihitung kiloan. Padahal Merpati mendapatkan izin menjual dari pemerintah dalam bentuk unit."Kalau dihitung beratnya satu pesawat itu paling cuma 16 ton harganya sekitar 120 juta. Tapi kita berhasil jual pesawat yang sudah tidak laik terbang itu dengan harga bagus," tuturnya.

   

JAKARTA - Selain melakukan pembelian pesawat-pesawat baru, PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) juga menjual pesawat-pesawat tua yang sudah berusia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News