Berangkat Haji Tunggu 8 Tahun

Daftar Tunggu di Kabupaten Bima Capai 3.800 JCH

Berangkat Haji Tunggu 8 Tahun
Berangkat Haji Tunggu 8 Tahun
BIMA –Masyarakat Kabupaten Bima yang sudah mendaftar untuk menunaikan ibadah haji harus menunggu 8 tahun lagi (tahun 2018) untuk proses keberangkatan. Pasalnya, daftar tunggu saat ini sudah mencapai 3.800 jamaah calon haji (JCH). Itu belum termasuk warga yang mendaftar tahun 2011, sudah pasti berangkat tahun 2019 mendatang. ‘’Minat warga Kabupaten Bima untuk menunaikan ibadah haji cukup tinggi,’’ kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bima Drs H Yaman Mahmud seperti diberitakan Lombok Pos (Grup JPNN).

Banyaknya warga yang masuk daftar tunggu diakui H Yaman saat ini mengikuti urutan pendaftaran. Karena tidak lagi ada penetapan kuota untuk Kabupaten dan Kota, hanya kuota provinsi.  ‘’Warga yang mendaftar lebih awal, akan mendapat kesempatan lebih awal,’’ gambarnya.

Untuk tahun 2011 ini,  JCH Kabupaten Bima yang akan berangkat sebanyak 380 orang. ‘’Kita berharap ada kuota tambahan yang diterima provinsi sehingga kita bisa memberangkatkan lebih banyak,’’ harapnya.

Sabtu lalu sebanyak 380 JCH Kabupaten Bima mendapat pembinaan manasik haji dari Kemenag setempat, dengan sasaran mereka siap melaksanakan ibadah haji secara mandiri. ‘’Ini baru kegiatan awal. Nanti kita akan laksanakan manasik haji di tiap kecamatan, masing-masing selama 11 hari. Kemudian dilanjutkan dengan manasik tingkat kabupaten selama empat hari, berupa bimbingan dan latihan,’’ sebutnya. 

BIMA –Masyarakat Kabupaten Bima yang sudah mendaftar untuk menunaikan ibadah haji harus menunggu 8 tahun lagi (tahun 2018) untuk proses keberangkatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News