Mata Pelajaran Pancasila Diajarkan Mulai 2012

Mata Pelajaran Pancasila Diajarkan Mulai 2012
Mata Pelajaran Pancasila Diajarkan Mulai 2012
JAKARTA--Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) saat ini tengah sibuk membahas kurikulum mata pelajaran Pancasila. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdiknas, Mansyur Ramli menjelaskan, pembahasan tersebut difokuskan pada substansi Pancasila itu sendiri. Pancasila akan menjadi mata pelajaran tersendiri, yang terpisah dari mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

"Nah kalau sebelumnya itu kan nilai-nilai Pancasila atau substansi Pancasila itu ada di dalam mata pelajaran PKN. Sekarang ini kita memikirkannya kembali seperti yang dulu, yakni khusus  mengajarkan pelajaran Pancasila," ungkap Mansyur di Jakarta, Kamis (2/6).

Dijelaskan, penyiapan  mata pelajaran Pancasila ini dilakukan karena bersamaan dengan momen perbaikan seluruh kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Saat ini juga sedang dirancang beberapa mata pelajaran secara nasional, seperti Pancasila, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. "Sedangkan selebihnya itu, akan diserahkan ke masing-masing satuan pendidikan,"  ujar Mansyur.

Fokus pelajaran Pancasila nantinya diarahkan untuk upaya mereaktualisasikan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan situasi yang terjadi sekarang. "Itu juga suatu amanat Presiden RI yang menyatakan bahwa nilai-nilai Pancasila itu sesuai dengan tiap jaman tetapi harus kita reaktualisasi sesuai dengan situasi dan  jaman yang kita hadapi sekarang ini. Intinya, tetap lima sila, dan nilai-nilainya juga sama. Tapi dalam nilai-nilainya itu akan dikaitkan dengan kondisi global. Misalnya, persaingan dan lain-lainnya," terang Mansyur.

JAKARTA--Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) saat ini tengah sibuk membahas kurikulum mata pelajaran Pancasila. Kepala Badan Penelitian dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News