Kantata Takwa Berubah jadi Kantata Barock

Kantata Takwa Berubah jadi Kantata Barock
Kantata Takwa Berubah jadi Kantata Barock
JAKARTA - Grup band legendaris tanah air Kantata Takwa bereinkarnasi. Bersama musisi kawakan Iwan Fals dan Sawung Jabo, seniman senior Setiawan Djody membentuk varian baru Kantata Takwa yang diberi nama Kantata Barock. Menurut rencana, Kantata Barock secara resmi diperkenalkan kepada publik lewat sebuah konser pada November mendatang.

"Untuk sekarang, kami baru pengumuman dulu nama Kantata Barock," kata Djody saat ditemui di sela-sela workshop di kediamannya, kawasan Kemanggisan, Minggu malam (10/7). Djody menyatakan terinspirasi semangat seni dalam masa Baroque yang lahir di Eropa pada abad ke-16. Pada masa itu, Baroque hadir dengan landasan perjuangan yang tecermin melalui harmoni, melodi, rhtym, dinamis, komposisi, dan performance.

"Kami juga berharap semangat barock yang mengambil dari masa Baroque itu bisa menjadi kunci perubahan melodi, rythm, harmoni, performance, komposisi. Jadi, jangan terus yang Melayu-Melayu saja," jelas musisi 62 tahun itu. Makna lain Kantata Barock ialah berasal dari bahasa Jawa, yakni barong. Dia menuturkan, barong dapat dilambangkan sebagai bentuk kebaikan, kejantanan, dan keberanian.

Namun, Kantata Barock tidak sepenuhnya digawangi para personel Kantata Takwa. Jockie Surjoprajogo yang dulu pernah memperkuat formasi band tersebut tidak turut serta. Pengganti posisi Jockie adalah Edi Daromi. Lalu, Toto Tewel dan Dodi Katamsi yang pernah terlibat di Kantata Takwa masih diajak untuk memperkuat formasi Kantata Barock.

JAKARTA - Grup band legendaris tanah air Kantata Takwa bereinkarnasi. Bersama musisi kawakan Iwan Fals dan Sawung Jabo, seniman senior Setiawan Djody

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News