APBN Tak Akan Diobral untuk Jaminan Sosial

BPJS Kesehatan Baru Bisa Setelah 2013

APBN Tak Akan Diobral untuk Jaminan Sosial
APBN Tak Akan Diobral untuk Jaminan Sosial
JAKARTA – Keinginan masyarakat untuk bisa memperoleh jaminan sosial secara menyeluruh dari negara sepertinya belum bisa terwujud dalam waktu dekat ini. Pasalnya, pemerintah juga perlu melihat pada kemampuan keuangan negara.

Sekjen Kementrian Keuangan, Mulia P Nasution dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (19/7), menyatakan, untuk jaminan sosial yang mencakup kesehatan saja baru bisa dilakukan setelah 2013. Mengacu pada hasil exercise, pemerintah menganggap masih banyak peraturan yang harus disiapkan sebelum penerapan jaminan sosial.

Ia mencontohkan perhitungan ketika rumah sakit (RS) pemerintah memberikan pelayanan kepada peserta jaminan sosial. "Apakah semua biaya yang terkait pelayanan  itu sudah dicover, atau malah akan dibebankan pada RS" Ini semua harus  dihitung dengan hati-hati, sebab kalau tidak akan kacau,” kata Mulia.

Mulai mengasumsikan penyiapan berbagai aturan terkait penerapan jaminan sosial yang paling tidak membutuhkan waktu hingga dua tahun. ”Artinya, pada 2013 baru akan selesai,” katanya.

JAKARTA – Keinginan masyarakat untuk bisa memperoleh jaminan sosial secara menyeluruh dari negara sepertinya belum bisa terwujud dalam waktu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News