Kalla Bangun Monorel Bandung dan Makassar

Kalla Bangun Monorel Bandung dan Makassar
Kalla Bangun Monorel Bandung dan Makassar
BANDUNG - Kota-kota besar di Indonesia terus membenahi angkutan masal. Tak harus mengandalkan pemerintah pusat, swasta juga bisa digandeng untuk proyek yang pelaksanaannya terkenal rumit tersebut.

Dua kota kini tengah bersiap membangun monorel. Yakni, Bandung dan Makassar. Investornya pun tidak jauh-jauh, yaitu mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga dikenal sebagai pengusaha.

Di Bandung, Kalla siap menggelontorkan dana Rp 4 triliun. Hal tersebut terungkap dalam ekspose monorel di rumah dinas wali Kota Bandung kemarin (5/8). "Investasinya sangat banyak, sekitar empat triliun untuk pembangunan monorel di Kota Bandung sepanjang 30 kilometer," kata Kalla.

Menurut pria asal Makassar tersebut, pihaknya membutuhkan waktu enam hingga delapan bulan untuk melakukan studi kelayakan sebelum pembangunan monorel dilakukan. Dia berpendapat, pihaknya memilih Kota Bandung untuk pembangunan monorel karena saat ini Kota Kembang itu sudah berpenduduk lebih dari dua juta jiwa. Dengan demikian, dibutuhkan alat transportasi masal untuk menghindari kemacetan.

BANDUNG - Kota-kota besar di Indonesia terus membenahi angkutan masal. Tak harus mengandalkan pemerintah pusat, swasta juga bisa digandeng untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News