Exxon Lepas Proyek Gas di Aceh

Exxon Lepas Proyek Gas di Aceh
Exxon Lepas Proyek Gas di Aceh
JAKARTA - Perusahaan minyak dan gas bumi ExxonMobil Corp mengumumkan akan menjual saham tiga anak perusahaan yang bergerak di sektor operasi produksi gas di Nanggroe Aceh Darussalam. Raksasa minyak Amerika Serikat itu menilai, pengelolaan gas dan minyak di Aceh sudah tak ekonomis lagi.

Dalam keterangan tertulisnya, disebutkan, perusahaan yang dilego itu diantaranya Mobil Exploration Indonesia Inc, ExxonMobil Oil Indonesia Inc, dan Mobil LNG Indonesia Inc. Penjualan tiga perusahaan itu tidak melibatkan proyek-proyek atau interest Exxon lainnya di Indonesia.

Menanggapi rencana penjualan ketiga perusahaan itu, Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), R Priyono sangat berharap perusahaan migas nasional mengambil alih saham ExxonMobil. "Bisa Pertamina, Medco, Bakrie, Star Energy, maupun yang lain," ujar Priyono di Jakarta, Selasa (9/8).

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas, Sekuriti, dan Formalitas BP Migas, Gde Pradyana menjelaskan, Exxon telah memberitahukan rencana ini pekan lalu. "Alasan yang dikemukakan Exxon adalah pengelolaan gas dan minyak di Aceh sudah tidak ekonomis," katanya. Namun, bagi perusahaan nasional, Gde menilai hal tersebut sangat ekonomis.

JAKARTA - Perusahaan minyak dan gas bumi ExxonMobil Corp mengumumkan akan menjual saham tiga anak perusahaan yang bergerak di sektor operasi produksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News