SBY dan 20 Menteri Hadiri Akad Nikah Putri Sultan

SBY dan 20 Menteri Hadiri Akad Nikah Putri Sultan
SBY dan 20 Menteri Hadiri Akad Nikah Putri Sultan
JOGJA--Jika semuanya berjalan lancar, prosesi akad nikah puteri bungsu Raja Jogja Sultan Hamengku Buwono X GKR Bendoro dan KPH Yudanegara, akan dilaksanakan pagi ini. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden Boediono dijadwalkan hadir di acara yang akan dihelat di Masjid Penepen, kompleks kraton Jogja. Sedikitnya 20 menteri juga akan hadir.

Perhelatan Royal Wedding ala Jogja itu mendapat perhatian negara-negara lain. Buktinya, beberapa hari hingga kemarin menjelang hari H prosesi akad nikah, banyak ucapan selamat dikirimkan lewat email ke Sekretariat Gubernur DIJ di Kepatihan. Di antaranya datang dari Jepang, Kerajaan Inggris, Norwegia, Jerman, Suriname, Slovakia, Aljazair, dan Kerajaan Belanda. "Juga ada ucapan selamat dari Presiden AS Barack Obama," kata Dra Kuskasriati dari media center pernikahan.

Sehari menjelang proses akad nikah, kedua calon mempelai kemarin (GKR Bendoro dan KPH Yudanegara) telah menjalani prosesi siraman. Prosesi tersebut mengandung arti agar keharuman bunga siraman meresap ke tubuh calon pengantin hingga menjadi harum tubuhnya. Sehingga kelak membawa keharuman nama keluarga.

Suasana hening terasa dalam siraman pengantin putri di Dalem Sekar Kedhaton. Prosesi menyucikan diri lahir batin diawali dengan kedatangan GKR Pembayun (kakak tertua) yang mengutus?GKR Maduretno (kakak nomor tiga) bersama abdi dalem untuk membawa air dari tujuh sumber menuju ke Dalem Keputren.

JOGJA--Jika semuanya berjalan lancar, prosesi akad nikah puteri bungsu Raja Jogja Sultan Hamengku Buwono X GKR Bendoro dan KPH Yudanegara, akan dilaksanakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News