Pesawat Terbesar di Dunia Bakal Menuju Orbit

Bawa Manusia dan Kargo sekaligus Luncurkan Roket

Pesawat Terbesar di Dunia Bakal Menuju Orbit
Model pesawat luar angkasa buatan Stratolaunch Systems.
WASHINGTON - Setelah sukses mengembangkan dan meluncurkan SpaceShipOne, pesawat komersial pertama yang mampu melesat sampai ke sub-orbit bumi pada 2004, taipan bisnis Paul Gardner Allen, 58, belum merasa puas. Selasa waktu setempat (13/12) atau kemarin WIB (14/12), pria yang tercatat sebagai co-founder raksasa komputer dunia Microsoft Corp. bersama Bill Gates itu kembali memperkenalkan pesawat canggih yang dirancang untuk bisa mengorbit ke luar angkasa.

 

Pesawat berukuran raksasa buatan Stratolaunch Systems, perusahaan baru yang didirikan Allen, tersebut dilengkapi dengan mesin jet dari enam pesawat Boeing 747. Tidak hanya berukuran jumbo (raksasa), pesawat masa depan itu juga nantinya mampu meluncurkan dan melontarkan roket di tengah penerbangannya.

 

"Pesawat ini nantinya juga akan menjadi pesawat terbesar di dunia yang mampu mengangkut roket SpaceX dan juga armada lain, seperti satelit," ungkap Allen dalam jumpa pers.

 

Rencananya, pesawat tersebut akan menjalani uji terbang pertama pada 2015 mendatang. Bos dan pendiri Vulcan Inc. (perusahaan yang menangani seluruh bisnis serta kegiatan sosial atau amal Allen) tersebut berharap kelak pesawat impiannya itu akan mampu mengantarkan dan membawa manusia ke orbit bumi.

 

WASHINGTON - Setelah sukses mengembangkan dan meluncurkan SpaceShipOne, pesawat komersial pertama yang mampu melesat sampai ke sub-orbit bumi pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News