SMK di Sumut Hasilkan Notebook

SMK di Sumut Hasilkan Notebook
SMK di Sumut Hasilkan Notebook
MEDAN - SMK Negeri 2 Surakarta (Solo) berhasil mengangkat karyanya yang berupa mobil ke tingkat nasional.  Bagaimana dengan perkembangan SMK di Sumut?

SMK di Sumut memang belum menghasilkan karya berupa mobil, namun bukan berarti tidak berkarya (sebagian karya lihat grafis). Buktinya SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Deli Serdang mampu membuat sesuatu yang membanggakan.

Ribuan notebook telah mereka hasilkan dengan merek SMK Zyrex. “Mereka hanya membutuhkan waktu tak kurang dari 15 menit untuk merakit satu unit. Baik itu notebook maupun PC,” ungkap Atan Barus sang technical support sekaligus guru SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, Kamis (12/1).

Atan yang saat diwawancari bersama Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, Kasni, menjelaskan sedikitnya sudah hampir 5000 notebook dan PC yang berhasil dirakit. Yang terbanyak pada Tahun Pelajaran (TP) 2010/2011 lalu, dengan hasil rakitan yang mencapai 2.836 unit notebook. Sedangkan, pada awal kerja sama yang dilakukan dengan Kemendikbud (saat itu Kemendiknas) dan produsen netbook serta PC Zyrex, pada 2008 lalu, hanya menghasilkan ratusan notebook saja.

Tahun demi tahun SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan terus dipercaya oleh Kemendikbud untuk meng-counter proyek rakit notebook ini hingga TP 2010/2011 dengan nama produk ‘SMK Zyrex.’ Sedangkan untuk TP 2011/2012, sekolah ini tetap dipercaya, namun untuk produsen notebook dan PC yang lain, yakni Mugen.

MEDAN - SMK Negeri 2 Surakarta (Solo) berhasil mengangkat karyanya yang berupa mobil ke tingkat nasional.  Bagaimana dengan perkembangan SMK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News