Jabiru Jangkau Pulau Terpinggir

Jabiru Jangkau Pulau Terpinggir
Jabiru Jangkau Pulau Terpinggir
JAKARTA-Siswa-siswi SMK belakangan ini menjadi sorotan. Ternyata, mereka mampu merakit sendiri mobil Esemka, Pickup, Moko, dan bahkan pesawat. Pasti tak sedikit yang meragukan kualitas pesawat Jabiru J430 karya siswa SMK 29 Jakarta ini. Namun, Sugeng dari Federasi Aero Sport Indonesia, berani menjamin keamanan pesawat tersebut. Jabiru sendiri diambil dari nama salah satu jenis burung asal Australia.

Sugeng adalah pemegang lisensi pesawat jenis jelajah ini untuk Indonesia dari pabriknya di Australia. ’’Saya mendapatkan lisensi ini karena sekolah di pabrik Australia untuk perakitan dan engine,’’ ujarnya ketika ditemui INDOPOS (Grup JPNN) di SMK 29 Jl. Prof Jokosutono SH No 1, Kebayoran Baru, Jakarta, kemarin (12/1).

Saat ini, jelasnya, sudah ada sekitar delapan pesawat Jabiru di Indonesia. Pesawat jenis ini sangat lebih baik dari pesawat lain dan sangat relevan dipakai. ’’Dari segi safety dia sangat save punya sertifikasi pesawat ini bagus. Terutama begitu dibawa ke Indonesia performanya berubah jadi lebih baik dari pada pabriknya,’’ kata pria yang menjadi guru tamu untuk mengajar perakitan pesawat itu.

Pria yang berprofesi sebagai teknisi merangkap penerbang itu mengungkapkan, dengan merakit sendiri, pelajar SMK bisa belajar langsung secara riil di lapangan. ’’Dengan komposit seperti ini membuat mereka lebih confidence di lapangan pekerjaan,’’ tandasnya. Pelajar SMK ini, lanjutnya, memiliki kualitas sangat baik. ’’Terutama siswa kelas tiga,’’ tambahnya.

JAKARTA-Siswa-siswi SMK belakangan ini menjadi sorotan. Ternyata, mereka mampu merakit sendiri mobil Esemka, Pickup, Moko, dan bahkan pesawat. Pasti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News