Antisipasi Manipulasi, PTN Cermati Rapor Calon Mahasiswa

Antisipasi Manipulasi, PTN Cermati Rapor Calon Mahasiswa
Antisipasi Manipulasi, PTN Cermati Rapor Calon Mahasiswa
JAKARTA - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia sekarang ini harus lebih waspada dan berhati-hati dalam menerima calon mahasiswa melalui jalur undangan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan  Tinggi Negeri (SNMPTN). Pasalnya, sudah menjadi rahasia umum bahwa kini marak manipulasi nilai agar siswa dapat diterima di PTN melalui jalur undangan.

Hal tersebut turut diakui Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto. Akan tetapi, IPB juga selalu memproteksi diri dari kecurangan dan bertindak lebih selektif dalam menjaring siswa yang masuk di dalam jalur undangan.

”Ya memang harus diakui bahwa di dalam proses penerimaan jalur undangan itu ada oknum sekolah yang berupaya untuk memanipulasi data atau nilai siswa. Tapi bagaimanapun kita tetap selalu selektif dalam menjaring siswa,” ungkap Herry ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Rabu (14/3).

Sekretaris Jenderal Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) ini menjelaskan, pihaknya bersama dengan tim-tim seleksi jalur undangan sudah berpengalaman untuk mendeteksi bentuk kecurangan oleh sekolah yang memanipulasi nilai siswa. Caranya, dengan mencermati nilai rapor siswa.

 

JAKARTA - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia sekarang ini harus lebih waspada dan berhati-hati dalam menerima calon mahasiswa melalui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News